Tentang I'Mc Center

TENTANG I’Mc CENTER

International Multicultural (I’Mc) Center adalah tempat belajar bahasa Jepang dan budaya Jepang di Surabaya. I’Mc Center berusaha menjadi sebuah wadah untuk masyarakat Indonesia yang ingin belajar Bahasa Jepang serta budayanya serta menjadi sumber informasi bagi pelajar yang ingin melanjutkan study ke Jepang. Selain itu,I’Mc Center juga merupakan publisher tunggal buku Bahasa Jepang Minna no Nihongo di Indonesia yang selalu digunakan sebagai buku teks di program studi jurusan Bahasa Jepang di seluruh universitas Indonesia .

 

VISI

I’Mc Center menjadi window of the world ternama yang dapat mewadahi berbagai aktivitas multi sosial, berbudaya dan mengutamakan kepentingan masyarakat, serta mampu menghasilkan SDM Indonesia yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan kemanusaiaan. Lebih terfokus di bidang pendidikan dan budaya Jepang.

 

MISI

    1. Menyelenggarakan pendidikan dan berbagai pelatihan yang dilaksanakan dalam bentuk devisi-devisi dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Indonesia.
    2. Menjalin berbagai bentuk kerjasama yang aplikatif dengan lembaga-lembaga dalam dan luar negeri untuk menopang pelaksanaan pendidikan dan pelatihan serta kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan pengayaan budaya.
    3. Menjalin kerjasama bisnis yang saling menguntungkan dengan para pelaku bisnis dalam dan luar negeri untuk menciptakan lapangan kerja.
    4. Melaksanakan kegiatan sosial untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.
    5. Menjembatani hubungan kerjasama bilateral antara Indonesia dengan berbagai Negara.
    6. Memberikan pelayanan yang profesional kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya Negara yang akan studi lanjut ke Jepang, atau yang ingin melaksanakan hubungan bisnis dengan Jepang atau sebaliknya.

 

KERJASAMA I’MC CENTER DENGAN BERBAGAI LEMBAGA

Menyelenggarakan ujian masuk perguruan tinggi Jepang.

Bekerjasama dalam bidang pengiriman tenaga sukarelawan untuk tenaga penutur asli bahasa Jepang.

Menerbitkan buku kumpulan soal-soal ujian kemampuan bahasa Jepang level 4.

Menerbitkan buku-buku pelajaran bahasa Jepang, seperti : Buku Minna no Nihonggo I dan II, dll.

Menerbitkan buku Kana Nyumon.

Meningkatkan pendidikan bahasa Jepang dan memperkenalkan kebudayaan Jepang untuk siswa-siswi di Sekolah Menengah Atas.

 

Pimpinan

Prof.Dr.Djodjok Soepardjo, M.Litt

Latar Belakang Pendidikan:

1981 (S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Jepang,FKSS-IKIP Bandung.

1983~1984 Training Program for Teacher of Japanese Language,(The Japan-Foundation, Tokyo)

1986~1988 Japanese Teacher Training Program. (Osaka University)

1991~1992 Research Student. (Faculty of Letters Nagoya University

1992~1994 (S2) Master of Letters. Major in Japanese Literature and Linguistics.

(The Graduate School of Letters of Nagoya University)

1997~1997 (S3)Doctor of Letters. Major in Japanese Literature and Linguistics.

(The Graduate School of Letters of Nagoya University)

1999~2000 The Japan Foundation Japanese Education Fellowship Program.

(The Graduate School of Letters of Nagoya University)

Sept,2010-Oct 2010 The Immersion Program for BAN PT Assessor NIAD-UE- Japan.

 

 

Pengalaman Kerja:

1983~Sekarang Dosen Program Pendidikan Bahasa Jepang FBS-UNESA

2000~Sekarang Dosen Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Pascasarjana UNESA

1997~2003 Kepala Pusat Study Jepang UNESA

1998~2002 Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNESA

2000~2005 Executive Director for The Jawa Pos Nihon-Indonesia Culture (NICE) Center.

2005~2008 Executive Director International Multi Cultural (I’Mc) Center.

2004~Sekarang Asesor D3,S1,S2 Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. (BAN-PT)

2006~Sekarang Trainer for Brain Revolution Training (BRT).

2008~2012 Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Asing FBS-UNESA

2008~2012 Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FBS-UNESA

2009~2010 Tim Penyusun Instrumen Penulisan Buku Ajar Bahasa Asing (Bhs. Jepang) , BSNP dan PUSBUK.

2009~2010 Tim Penyusun Buku Pedoman Program PPG Bahasa Asing, Dirjen Pendidikan Tinggi.

2010~ Penyusun Instrumen Borang Akreditasi Program PPG, BAN-PT.

 

 

Logo I'Mc Center

Logo Inspiration I'Mc Center

Berawal dari bentuk dasar bunga sakura yang merupakan bunga identitas khas negara Jepang, ini melambangkan bahwa lembaga ini membentuk sebuah kerja sama international dalam hal kebudayaan khususnya kepada negara Jepang.

Jumlah kelopak bunga sakura tersebut berjumlah 6, ini sebagai simbolisasi ke-enam nisi dari I'Mc Center itu sendiri yang di lambangkan dengan mekarnya bunga sakura. Ini di artikan bahwa I'Mc Center akan mengalami sebuah progres dan masa kejayaan dalam hal ini diartikan sebagai sebuah kesempurnaan saat dimana bunga sakura mekar.

Pemvisualisasian bentuk lengkung dimaksudkan sebuah kemudahan dan keinteraktifan lembaga mencapai sebuah tujuannya serta dikesankan dengan bentuk yang modern serta tidak monoton. Jika diamati maka bentuk kelopak bunga sakura ini akan terlihat terbuka, ini diartikan bahwa I'Mc Center mewadahi berbagai macam aktifitas multi sosial.

Bagian tengah dari kelopak bunga terdapat sebuah bagian negatif (bagian terbalik/dalam hal ini warna) yang membentuk siluet dari ekspresi gembira sesorang, ini di artikan bahwa I'Mc Center memberikan pelayanan, baik pembelajaran maupun pendalaman pengenalan budaya secara menyenangkan dan mudah dipahami.

Selain itu pada kelopak terdalam membentuk dua buah ekspresi wajah yang sedang berinteraksi, dengan simbolisasi sebuah senyuman dan perckapan. Ini dimaksudkan bahwa I'Mc center akan menjalin sebuah kerja sama, interaksi dan saling berkomunikasi untuk dapat mencapai visi dan misinya, yaitu untuk menciptakan dan mewadahi adanya hubungan internasional dan aktifitas multisosial.

Kekuatan logo ini selain pada kelopak bunga sakura yang berjumlah enam, juga terdapat pada ujung logo yaitu simbolisasi sebuah lingkaran merah, ini diartikan sebagai simbol kesempurnaan dan keproffesionalan I'Mc Center dalam memberikan pelayanannya. Terlihat simbol lingkaran ini seperti terangkat, ini diartikan bahwa I'Mc Center akan memberikan yang terbaik dengan berpedoman pada visi dan misinya.

 

Penggunaan warna merah maroon pada kelopak terdalam diartikan bahwa I'Mc Center mempunyai sebuah semangat untuk bisa mencapai tujuan yang diarancang dan tanpa lepas dari kesan elegant sebagai simbol keproffesionalan.

Warna tutunan merah maroon pada kelopak bunga sakura yang kedua dan ketiga merupakan wujud simbolisasi dari membagi ilmu pengetahuan dan informasi kepada konsumen secra terus menerus tanpa terbatas.

Penggunaan warna merah yang bergradasi mulai dari bagian terluar yang berwarna merah terang, dan menjadi semakin gelap, semakin kedalam atau sebalikny, ini diartikan bahwa jenjang dalam I'Mc Center mempunyai sebuah ikatan baik antara junior dengan junior, senior dengan senior, maupun senior dengan junior. Memberikan dedikasi dan menanamkan rasa kebersamaan baik nasional maupun internasional.

 


Testimonial

Partners

Buku Terbitan I'Mc