Omamori Mame Geta お守り 豆下駄 (Jimat Geta Mini)

Sebelum kita membahasa tentang apakah Omamori お守り (Jimat) Mini Geta itu?? Pertama-tama kita akan mengupas informasi tentang Geta (下駄) itu sendiri.

Geta (下駄) adalah alas kaki tradisional Jepang yang dibuat dari kayu. Pada bagian alas (dai) terdapat tiga buah lubang untuk memasukkan tali berlapis kain yang disebut hanao (鼻緒). Dua buah hak yang disebut ha ("gigi") terdapat di bagian bawah alas (sol). Geta dipakai di luar ruangan sewaktu mengenakan yukata atau kimono yang bukan kimono formal. Hak tinggi pada geta memudahkan pemakainya berjalan melewati jalan becek ketika hujan.

 

{jcomments on}

 

Geta dipakai dengan kaki telanjang (sewaktu mengenakan yukata) atau dengan mengenakan kaus kaki yang disebut tabi. Cara memakai geta seperti cara memakai sandal jepit, hanao dijepit di antara ibu jari dan telunjuk kaki. Sewaktu mengenakan yukata, geta dipakai dengan kaki telanjang. Pemandian air panas (onsen) dan penginapan tradisional (ryokan) biasanya menyediakan geta yang bisa dipinjam oleh tamu.

Menurut pendengaran orang Jepang, "karankoron" adalah bunyi geta ketika dipakai berjalan. Dalam mitologi Jepang, Tengu mengenakan geta berhak satu seperti dikenakan biksu yang sedang melatih diri di hutan dan gunung.

Sejarah Geta

Berdasarkan hasil penggalian di situs arkeologi terungkap bahwa geta sudah dipakai orang Jepang sejak zaman Yayoi. Geta diperkirakan dipakai sewaktu bekerja menanam padi di sawah yang selalu berair agar kaki tetap bersih dan kering. Dalam esai klasik Makura no Sōshi dari zaman Heian disebut tentang alas kaki yang disebut Kure no ashida (nama lain untuk geta). Dalam lukisan dari akhir zaman Heian hingga zaman Sengoku juga sering digambarkan orang yang sedang memakai geta sewaktu mencuci atau mengambil air.

Pengrajin geta banyak bermunculan sejak pertengahan zaman Edo. Mereka menciptakan berbagai jenis geta yang membuat geta populer sebagai alas kaki rakyat. Orang mulai menyebut semua alas kaki dari kayu seperti bokuri atau ashida sebagai geta. Walaupun pakaian Barat mulai dikenal di Jepang sejak zaman Meiji, rakyat tetap mengenakan kimono dengan alas kaki berupa geta.

Source: http://id.wikipedia.org/wiki/Geta_%28alas_kaki%29

 

Omamori お守り (jimat)


Omamori adalah jimat keberuntungan yang biasanya di jual di kuil-kuil di Jepang. berasal dari kata mamoru 守る yang artinya "melindungi" atau"memberikan perlindungan". Omamori pada dasarnya berbentuk sebuah kantung terbuat dari kain berdekorasi yang didalamnya terdapat lipatan kertas atau potongan kayu bertuliskan nama dewa yang sudah didoakan agar memberikan perlindungan dan keberuntungan pada si pemiliknya. Karena bentuknya yang kecil, orang Jepang sering menggantungkan omamori pada tas, ponsel, atau di kaca spion dalam mobil.

Source:http://eryim13.blogspot.com/2013/03/omamori-jimat-dengan-desain-unik-dari.html

 

Omamori Mame Geta お守り 豆下駄 (Jimat Geta Mini)

Pada dasarnya, Omamori memang berbentuk berupa kantong kecil yang terbuat dari kain yang bermotif indah. Namun saat ini, ada juga kita temukan Omamori dalam bentuk Geta atau sandal khas Jepang yang terbuat dari kayu, yang telah diuraikan di bagian awal artikel ini. Berikut ini merupakan salah satu Omamori Mame Geta お守り 豆下駄 (Jimat Geta Mini) adalah hasil karya daerah Tokushima. Disebut Mame Geta karena geta ini berukuran sangat kecil, panjangnya hanya sekitar 7cm dan bentunya mayoritas bulat sehingga diidentikan dengan kata mame yang berarti "kacang". Karena ukurannya yang sangat kecil, sebagai Omamori geta ini tidak bisa dikenakan di kaki sebagai alas kaki, tapi sering dijadikan pajangan atau digantung sebagai hiasan mobil.

お守り豆下駄

このミニ下駄は、お守り豆下駄と呼ぶそうです。その昔、旅に出る時はいつもわら草履を編んでいました。履いていくものと、途中で履き替えるものを用意しました。さらにもう一つ、自分が無事かえってこられることを、そしてまた履けることを願い、玄関に飾ったそうです。やがて時代が移り、わら草履から下駄へと。旅の安全や幸せのお守りとして豆下駄がつたわっています。

Omamori Mame Geta

 

Geta mini ini disebut dengan Omamori Mame Geta (Jimat Geta kecil). Dahulu, Saat akan bepergian selalu menganyam zouri yang terbuat dari jerami. Geta ini digunakan sebagai alas kaki dan mengganti zouri di tengah perjalanan. Satu lagi, selain dapat dijadikan sebagai pajangan di pintu masuk rumah, juga dapat digunakan untuk menyampaikan harapan diri agar bisa datang dan pulang dengan selamat. Kemudian zaman bergeser, dari zouri jerami bergantilah menjadi geta. Dikenalkanlah Geta Mame sebagai jimat kebahagiaan dan keselamatan dalam perjalanan.


I'Mc Center Surabaya menyediakan Omamori Mame Geta tersebut yang diperoleh langsung dari Tokushima. Tidak hanya semata-mata dipercaya dapat digunakan sebagai pelindung keselamatan saja, tapi Geta mungil hasil karya tangan-tangan terampil seniman Jepang ini bisa digunakan menjadi hiasan yang kental nuansa Jepangnya serta bernilai seni tinggi dengan corak tali dan bentuk hak bagian bawahnya.

Bagi yang berminat dengan Omamori Mame Geta ini bisa lagsung memesannya melalui I'Mc Center dengan harga Rp120.000,- per pasang.

Berikut ini beberapa contoh Omamori Geta Mame yang ada di I'Mc Center:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Testimonial

Partners

Buku Terbitan I'Mc