Sekilas Mengenai Makanan Sehari-hari Orang Jepang

Pada prinsipnya, makanan sehari-hari orang Jepang tidaklah begitu jauh berbeda dari kebiasaan orang Asia pada umumnya, yaitu makan tiga kali sehari dan yang dimakan adalah nasi beserta lauk-pauknya. Yang berbeda adalah lauk-pauknya dan cara mengolahny, meskipun nasinya agak sedikit berbeda. Nasi Jepang dibuat dari beras jenis Japonica yang bentuknya lonjong membilat (pendek) dan agak lengket (berbeda dengan jenis beras indica yang umum dimakan masyarakat Asia, termasuk Indonesia)

Secara umum, masakan tradisional Jepang dikatakan merupakan makanan yang menyehatkan karena cukup protein, relatif rendah kalori, dan mengandung zat-zat gizi yang penting. Pada prinsipnya masakan Jepang dibuat dengan tidak terlalu banyak bumbu dan tidak makan banyak waktu.

 

Selengkapnya...

Nanbanzuke

Nanbanzuke merupakan sajian makanan yang berbahan dasar ikan kakap. Inti cara pengolahannya adalah dengan menggoreng ikan kakap tersebut dalam balutan tepung, kemudian diguyur dengan saus sambal khas Nanbanzuke.

Dapat juga ditambahkan sayuran sesuai dengan selera masing-masing.


Berikut ini merupakan salah satu resep Nanbanzuke dari salah seorang juru masak muda bernama Shigeto Murakami. Shigeto Murakami bertugas di luar negeri sebagai anggota Seinen Kaigai Kyoryoku-tai atau relawan muda kerjasama Jepang. Pada tahun 2005 ia ditempatkan di Bali, tepatnya di kawasan Nusa Dua yang terletak anggun di atas perbukitan. Saat di Jepang, ia berprofesi sebagai juru masak masakan Perancis di sebuah hotel yang terletak di Sendai. Saat ditugaskan di Bali, akhirnya ia mengajar siswa-siswa tata boga di STP Bali. Mari kita simak resep Nanbanzuke berikut ini:

 

Selengkapnya...

Testimonial

Partners

Buku Terbitan I'Mc