JLPT Tahap 1 2017

Selengkapnya...

JLPT adalah....??

Japanese Language Proficiency Test [JLPT]

 
Jika dalam Bahasa Inggris kita menempuh test  TOEFL untuk mengetahui tingkat penguasaan berbahasa Inggris, dalam Bahasa Jepang juga terdapat test yang bernama JLPT. Dalam lingkup  international disebut dengan istilah JLPT ( Japanese Language Proficiency Test), Dalam lingkup Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah UKBJ (Uji Kompetensi Bahasa Jepang) dan dalam Bahasa Jepang sendiri disebut dengan 日本語能力試験 'nihongo nouryoku shiken'.

Apa itu JLPT?

JLPT (Japanese Language Proficiency Test) adalah ujian kemampuan bahasa Jepang bagi non-penutur asli bahasa Jepang dan akan mendapatkan sertifikat kemahiran bahasa Jepang berdasarkan tingkatan level.
JLPT dimulai pada tahun 1984. Pada permulaan peserta yang ikut tes hanya 7.000 orang di 15 Negara dan wilayah di seluruh dunia. Pada tahun 2011 jumlah peserta ujian meningkat menjadi sebanyak 610.000 orang di 26 negara dan wilayah di seluruh dunia. Sampai saat ini JLPT menjadi tes kemampuan bahasa Jepang terbesar di Dunia.
 
 
Adakah Pembagian Level dalam JLPT?
Saat ini, JLPT dibagi menjadi 5 Level, yaitu Level N5, N4, N3, N2 dan N1. Level yang paling mudah dimulai dari Level N5. Bagi yang berminat menempuh test JLPT, tidak ada keharusan untuk mengikuti tes dari level paling bawah. Misalkan saja, meskipun belum pernah mengikuti test level N5, bisa saja langsung mengikuti test level N3 jika memang dirasa kemampuan bahasa Jepang yang dimiliki sudah cukup untuk level test yang akan ditempuh. Hasil test online akan diumumkan sekitar satu bulan dari tanggal test yang pernah diikuti. Untuk sertifikat bagi yang lulus test bisa diambil langsung di tempat pendaftaran test JLPT itu sendiri.
 
Isi test JLPT meliputi test vocabulary, Kanji (hanya berbentuk soal pilihan, tidak ada test menulis Kanji) grammar, reading dan listening.
Untuk detail materi secara umum serta durasi test, bisa dilihat langsung di official website JLPT, sebagai berikut: http://www.jlpt.jp/e/
 
 
Apa Kegunaan Sertifikat Lulus JLPT? 
Pada umumnya kegunaan sertifikat JLPT ini bisa digunakan sebagai persyaratan beasiswa study ke Jepang Monbukagakusho (MEXT), persyaratan masuk universitas di Jepang menggunakan biaya pribadi serta sebagai syarat untuk melamar kerja di perusahaan Jepang.
 
Untuk wilayah Jawa Timur (Surabaya), test JLPT dilaksanakan sebanyak  2 kali dalam satu tahun. Pada umumnya tahap yang pertama dilaksanakan pada hari Minggu , minggu pertama bulan Juli dan  Desember. Tahap pertama pada tahun 2014 telah dilaksanakan pada tanggal 6 Juli, sedangkan untuk tahap Ke-dua akan dilaksanakan pada tanggal 7 Desember mendatang. 
 
Berikut ini detail pelaksanaan test JLPT tahap ke-2, khususnya untuk wilayah Jawa Timur (Surabaya)telah dibuka dari tanggal 18 Agustus- 12 September 2014.

a) Periode Pendafataran: 18 Agustus- 12 September 2014

b) Pelaksanaan Test       : 07 Desember 2014

c) Biaya Pendaftaran     :
                                       N1 Rp 165.000,-
                                       N2 Rp 135.000,-
                                       N3 Rp 115.000,-
                                       N4 Rp 95.000,-
                                       N5 Rp 85.000,-

d) Tempat Pendaftaran:

                                      Konjen Jepang di Surabaya
                                      Prodi Bhs Jepang UNESA, UNAIR, dan UNIBRAW
                                      I'Mc Center (Perumahan Lotus Regency F7-Jl. Ketintang Baru Selatan)
                                     JASMIN
 
 

I'Mc CENTER SURABAYA, TEMPAT BELAJAR BAHASA JEPANG

DI SURABAYA!!

頑張ってください!!! \(^0^)/

 

Metode Drill dalam Pengajaran Bahasa Jepang

Para pengajar Bahasa Jepang, latihan macam apakah yang Anda gunakan? Drill atau 'latihan keterampilan' adalah latihan yang berguna untuk mengajarkan pemakaian tata bahasa atau kosakata baru. Kali ini, I'Mc Center Surabaya akan memperkenalkan metode Drill dengan menggunakan permainan. Namun sebelumnya, mari kita lihat kembali metode Drill apa saja yang biasa digunakan dalam pengajaran Bahasa Jepang.

 

 

Selengkapnya...

Testimonial

Partners

Buku Terbitan I'Mc